Home » » Perhatikan Hal ini Saat Melakukan Perjalanan Dengan Pesawat

Perhatikan Hal ini Saat Melakukan Perjalanan Dengan Pesawat

Saat ini di berbagai daerah Indonesia telah memberlakukan new normal, namun tetap mengikuti protokol yang dianjurkan. Sehingga jika ingin bepergian ataupun beraktivitas di luar rumah harus selalu membawa segala macam perlengkapan kesehatan sebagai upaya menghindarkan diri dari penularan virus Corona.

Hal yang sama juga diterapkan saat akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi  pesawat terbang. Oleh sebab itu simaklah uraian di bawah ini agar tidak ditolak saat ingin bepergian dengan pesawat.

Perhatikan Hal ini Saat Melakukan Perjalanan Dengan Pesawat

5 Tips Sehat Bepergian dengan Pesawat Saat New Normal

Sejak beberapa pekan lalu bandara telah dibuka sehingga siapa saja yang ingin bepergian dengan pesawat telah bisa menggunakannya. Namun adapun persyaratan yang harus dilengkapi agar terhindar dari wabah. Berikut ini tips sehat melakukan perjalanan dengan pesawat saat new normal.

1. Menggunakan Masker

Tips pertama ketika ingin menggunakan pesawat ketika bepergian maka gunakanlah masker agar terhindar dari wabah virus Corona. Selain itu, masker saat ini merupakan suatu kewajiban yang harus dipakai oleh semua orang jika sesang berada di luar rumah. Bahkan Pemerintah daerah telah memberikan pengumuman, jika tidak menggunakan masker saat ke luar rumah maka akan diberi sanksi.

2. Rutin Mencuci Tangan

Tips sehat kedua, ketika berada di bandara atau telah dalam perjalanan rutinlah mencuci tangan, baik menggunakan sabun dan air yang mengalir ataupun menggunakan hand sanitizer. Sebab di tempat terbuka seperti itu kita tidak akan tahu, siapa yang sedang sakit ataupun yang sehat. Siapa yang telah memegang benda sekitar dan sudah berapa banyak bakteri maupun virus yang menempel pada benda tersebut.

3. Menjaga jarak fisik

Selalu jaga jarak fisik antara penumpang satu dengan yang lainnya agar terhindar dari berbagai macam penularan penyakit. Misalnya saat penumpang berada di ruang tunggu (boarding lounge) atau di titik-titik antrian, penumpang pesawat wajib menerapkan physical distancing.

4. Menjalani berbagai macam tes kesehatan

Menghadapi new normal (kebiasan baru) maka setiap penumpang pesawat harus melakukan PCR test dengan hasil negatif COVID-19 dan mengikuti rapid-test dengan hasil non-reaktif COVID-19. Selanjutnya, barulah bisa para calon penumpang untuk ikut menaiki pesawat sesuai dengan tempat yang ingin dituju.

5. Membawa Dokumen kesehatan

Tips terakhir, penumpang rute domestik diwajibkan membawa identitas diri dan dokumen surat hasil PCR test (berlaku 7 hari pada saat keberangkatan) atau rapid-test (berlaku 3 hari pada saat keberangkatan) untuk diperiksa di bandara dalam era new normal saat ini.

Demikianlah beberapa tips yang dapat diperhatikan saat ingin menggunakan mode transportasi pesawat. Penting bagi kita semua untuk menyadari beberapa tips tadi, sebab akan sangat berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan selama menggunakan mode transportasi tersebut. Selain itu, jangan lupa pula untuk tetap memperhatikan barang bawaan agar tidak mengalami kerugian baik secara moril maupun materil. 

0 komentar:

Posting Komentar