Home » » Mengenal Resiko Penularan Virus Corona Saat Bepergian

Mengenal Resiko Penularan Virus Corona Saat Bepergian

Kita sama-sama mengetahui bahwa sejak adanya pandemi covid-19, maka setiap anggota masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah saja. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko penularan virus covid-19. Namun tentu saja kadangkala ada suatu hal atau pun keperluan tertentu yang mengharuskan kita untuk bepergian ke luar rumah. Lantas amankah hal itu dilakukan? Seberapa besar resiko penularan virus yang akan dialami? Mari temukan jawabannya dengan menyimak informasi di bawah ini. 

Mengenal Resiko Penularan Virus Corona Saat Bepergian

Resiko Bepergian Saat Pandemi Corona Sesuai dengan Jenis Kendaraannya

Sebagaimana telah banyak dijelaskan oleh para ahlinya bahwa virus covid-19 ini dapat menular melalui droplet yang berasal dari pasien positif covid-19. Tentunya kemungkinan untuk tertular virus di saat keluar rumah akan ada, sebab ketika bepergian kita akan bertemu atau berada dalam lingkungan orang-orang yang berbeda-beda. Berikut akan dijabarkan resiko penularan virus corona saat bepergian sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. 

1. Menggunakan Mobil

Barangkali mobil merupakan jenis kendaraan yang umum digunakan ketika bepergian. Resiko penularan virus saat bepergian dengan mobil dapat terjadi ketika mobil berhenti dan penumpang menggunakan fasilitas umum. Misalnya menggunakan toilet, menyentuh benda tertentu dan hal lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk senantiasa menyiapkan handsanitizer dan juga menjaga anak-anak agar tidak menyentuh benda-benda sembarangan. 

2. Menggunakan Transportasi Air

Kita pun telah mendengar bahwa ada sejumlah kapal pesiar yang menjadi klaster penyebaran virus covid-19. Hal ini bisa saja terjadi karena keberagaman dari penumpang kapal itu sendri. Terkait dengan hal ini, seorang pakar menjelaskan bahwa ketika kapal kembali berlayar, maka resiko penularan itu menjadi lebih rendah. Para awak kabin dan penumpang disarankan untuk mengenakan masker, menjaga jarak, serta menyiapkan ruang isolasi terpisah bagi orang yang memiliki gejala. 

3. Menggunakan Kereta Maupun Bus

Baik kereta maupun bus merupakan dua mode transportasi umum yang sangat ramai digunakan saat ini. Resiko penularan di jenis transportasi ini pun terbilang besar, sebab latar belakang penumpang yang beragam. Oleh karenanya sangat penting bagi kita untuk mematuhi aturan kesehatan covid-19 selama menggunakan mode transportasi ini. 

4. Menggunakan Pesawat Terbang

Sama seperti hal bus dan kereta, pesawat terbang juga memiliki resiko penularan yang cukup tinggi. Pasalnya ketika berada di dalam kabin pesawat, kita akan berbaur dengan orang yang tidak dikenal, sehingga sudah potensi penularan itu ada. Oleh karenanya mengenakan masker dan menjaga jarak merupakan hal penting yang harus dilakukan.  

Jika melihat penjelasan tadi, maka sangat dianjurkan bagi kita untuk tetap menjaga kebersihan diri, menggunakan masker, serta menerapkan jaga jarak saat bepergian. Hal ini tidak hanya akan memberikan rasa aman kepada kita, namun juga pada orang-orang di sekitar. Tentunya semakin banyak yang sadar akan hal itu, maka akan semakin minim resiko penularan yang terjadi. 

0 komentar:

Posting Komentar