Home » » Jadwal Tes SKB untuk Formasi CPNS 2019

Jadwal Tes SKB untuk Formasi CPNS 2019


Selang beberapa minggu setelah tes SKB digelar, para pelamar CPNS menerima pengumuman hasil melalui website resmi instansi yang dilamar. Meskipun pengumuman tidak dilakukan serentak di semua instansi yang membuka formasi CPNS, namun hasilnya sudah diketahui. Namun, bagaimana dengan jadwal SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2019? 

Jadwal Tes SKB untuk Formasi CPNS 2019

Kejelasan Jadwal SKB CPNS 2019 

Seperti yang sudah di ketahui  bersama bahwa tahapan seleksi CPNS cukup panjang, setelah seleksi secara administrasi dilanjutkan dengan seleksi tes SKD. Jika sudah selesai mengikuti SKD dan masuk perangkingan maka bisa mengikuti tes SKB. CPNS tahun 2019 memang masih simpang siur terkait jadwal tes SKB karena adanya pandemi Covid-19. 

Paryono selaku Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKS menyatakan bahwa pengumuman jadwal tes seleksi SKB akan segera dilakukan. Rencana awal pelaksanaannya adalah bulan April 2020 yang kemudian diundur karena adanya pandemi. Sehingga sejak awal Paryono juga menjelaskan jadwal tersebut bisa berubah untuk menyesuaikan dengan kondisi status darurat Covid-19 di Indonesia.

Perubahan Rencana Jadwal SKB CPNS 2019

Kabar terbaru dilansir dari website resmi BKS yakni bkn.go.id disebutkan bahwa pelaksanaan SKB untuk CPNS 2019 akan digelar setelah pelaksanaan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dari Sekolah Kedinasan (Dikdin) untuk formasi tahun 2020.

Oleh Bima Haria Wibisana selaku Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan selaku Ketua Pelaksana Panselnas menyatakan bahwa jadwal SKB CPNS 2019 direncanakan akan digelar antara bulan Agustus-September 2020 mendatang. Sehingga pelaksanaannya dilakukan setelah SKD Dikdin yang direncanakan digelar Juli 2020 selesai dilakukan. 

Ditambahkan pula oleh Bima bahwa saat tes SKD Dikdin memang berhasil digelar pada bulan Juli 2020. Maka bisa dipastikan pula SKB untuk CPNS formasi tahun 2020 akan bisa digelar pula sesuai rencana, yakni pada bulan Agustus sampai September 2020 mendatang. Semua pihak tentu berharap tidak ada aral melintang sehingga rencana ini bisa terealisasikan.

Kesiapan Pelaksanaan SKB

Sedangkan jika dilihat dari aspek kesiapan pelaksanaan SKB CPNS 2019 oleh Suharmen selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN. Memaparkan bahwa sistem untuk pelaksanaan CAT atau Computer Assisted Test sangat mungkin untuk digelar di bulan Agustus dan September 2020 mendatang. 

Kesiapan infrastruktur untuk tes SKB ini disebutkan pula oleh Suharman tetap dapat digelar meskipun pandemi Covid-19 masih dihadapi Indonesia. Dijelaskan pula bahwa hingga detik ini pihak BKN terus melakukan uji coba terhadap sistem CAT online tersebut. Sehingga diusahakan dapat berjalan dengan baik untuk memfasilitasi pelaksanaan SKD Dikdin 2020 dan SKB CPNS 2019. 

Meskipun jadwal untuk tes SKB CPNS 2019 memang masih dalam bentuk perkiraan, dan masih sangat mungkin untuk berubah karena adanya pandemi. Dianjurkan bagi siapa saja yang dijadwalkan mengikuti tes seleksi tersebut untuk memanfaatkan waktu belajar lebih banyak dan lebih giat.

0 komentar:

Posting Komentar