Home » » Ingin Membangun Relasi Kerja, Hindari 5 Kesalahan Berikut

Ingin Membangun Relasi Kerja, Hindari 5 Kesalahan Berikut

Memiliki relasi dalam dunia kerja merupakan hal penting yang dapat dilakukan. Melalui relasi ini kita akan memiliki tambahan partner kerja, memudahkan dalam memasarkan barang atau jasa, maupun berbagi pengalaman dan wawasan tentang dunia kerja yang digeluti. Membangun relasi kerja memang terbilang gampang-gampang susah. Apakah sahabat saat ini sedang melakukan hal itu? Jika demikian, coba perhatikan beberapa hal penting berikut ini dan pastikan untuk menghindarinya. 

4 Kesalahan yang Umum Dilakukan Ketika Membangun Relasi Kerja

Dunia kerja memang memiliki berbagai hal yang menarik untuk diketahui da didiskusikan. Salah satu diantaranya adalah tentang membangun relasi atau jaringan kerja. Tidak banyak orang yang mampu dengan sukses membangun relasi mereka, sebab ada beberapa kesalahan yang mereka lakukan. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya. 

1. Terburu-Buru dalam Menawarkan Produk

Kesalahan pertama yang umumkan dilakukan adalah terburu-buru dalam menawarkan produk. Barangkali setiap orang yang berkenalan pasti memiliki tujuan tertentu, misalnya menawarkan produk yang dimilikinya. Namun sebaiknya jika ingin membangun relasi kerja, jangan langsung menawarkan produk ketika baru saja berkenalan. Sebab hal itu cenderung akan memberikan citra negatif kepada kita. 

2. Sering Mengabaikan Peluang

Biasanya ketika dua orang atau sejumlah orang bertemu, maka tidak jarang mereka akan memberikan tanda pengenal, kontak atau kartu nama. Penting bagi sahabat untuk memperhatikan bahwa hal semacam itu jangan diabaikan. Sebab hal itu menjadi peluang besar bagi kita untuk membangun relasi kerja. Setelah mendapatkan kontak atau kartu nama, segera save dan coba untuk mengirimkan pesan maupun menghubunginya di waktu tertentu. 

3. Tidak Mempunyai Keunikan

Kesalahan ketiga yang juga sering terjadi di saat membangun relasi adalah tidak mempunyai keunikan. Keunikan merupakan hal penting yang harus dimiliki, sebab itu akan mempengaruhi bagaimana orang lain mengenal dan mengingat kita. Semakin unik diri kita, maka akan semakin mudah pula orang lain untuk mengingatnya. Tentunya hal ini juga akan mempermudah kita dalam membangun relasi atau jaringan kerja. 

4. Kurang Empati

Tanpa kita sadari terkadang rasa empati luntur dari keseharian. Misalnya ketika ada teman kerja yang sedang membutuhkan bantuan, kita justru abai terhadapnya dengan berbagai alasan. Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang tidak baik untuk dilakukan. Seharusnya, cobalah untuk membuka diri untuk menawarkan bantuan kepada orang lain tanpa harus melihat siapa dia. Yakinlah hal ini akan menjadi aset berharga bagi kita dalam hal membangun relasi kerja. 

Itulah tadi beberapa kesalahan dalam membangun relasi kerja yang dapat dibagikan kali ini. Jika saat ini sahabat memang sedang berupaya membangun relasi, maka pastikan ke-4 kesalahan tadi dihindari. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar