Home » » Etika Kerja untuk Sukses Berkarir

Etika Kerja untuk Sukses Berkarir

Sukses dalam berkarir menjadi dambaan hampir setiap orang. Apakah kamu salah satunya? Sebagai generasi milenial, atau usia sekitar 21-an, tentu kamu penasaran bagaimana caranya biar karir kamu melejit dan lebih cepat mencapai kesuksesan yang diharapkan. Mumpung masih melakukan persiapan mengajukan lamaran kerja atau mungkin baru akan menggarap skripsi, ada baiknya kamu pahami dulu etika dalam dunia kerja.

Etika Kerja untuk Sukses Berkarir

Memahami etika dalam dunia kerja

Ada dua faktor utama yang menjadi penentu kesuksesan dalam dunia kerja, yaitu pola pikir dan etika. Bagi kamu yang akan jadi anak baru, pastikan siapkan diri agar bisa lebih mudah beradaptasi. Setidaknya ada beberapa etika kerja yang harus dipahami, di antaranya:

1, Mendengar sebelum berpendapat

Di usia yang relatif muda, biasanya masih sulit mengendalikan emosi. Kamu mungkin ingin segera mengeluarkan pendapat dalam sebuah diskusi atau rapat. tetapi, ada baiknya lebih dulu mendengarkan opini dari yang lain, terutama jika anggota peserta yang lain terdiri dari rekan kerja senior dan atasan. Dengan mendengarkan terlebih dahulu, kamu akan memiliki cukup informasi dasar untuk menyampaikan pendapat yang sesuai.

2. Komunikasi formal dan profesional

Berbeda saat ngobrol bareng temen kampus atau sepermainan, bersama rekan kerja kamu harus tetap bersikap profesional. Lingkup dunia kerja bersifat formal yang akan sangat mempengaruhi pandangan orang lain terhadap setiap pribadi karyawan atau perusahaan secara keseluruhan. Tutur bahasa yang sopan dan jelas digunakan sebagai penghormatan kepada mereka yang lebih tua atau dituakan. Hal ini juga berlaku pada komunikasi tertulis melalui pesan singkat maupun email.

3. Pakaian rapi

Cara berpakaian dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya berbusana formal berupa setelan kemeja, celana atau rok panjang dan jas. Tetapi ada pula yang tidak terlalu mengutamakan formalitas tersebut. banyak perusahaan startup justru memiliki karyawan dengan pakaian casual dan modis sesuai tren kaum milenial. Akan tetapi, jenis busa yang dipilih tetap harus mengedepankan kesan rapi dan sopan.

4. Bertanggungjawab

Di dalam dunia kerja, kamu akan mengerjakan berbagai hal seorang diri. Walaupun tergabung dalam sebuah tim, kamu tetap harus siap bertanggungjawab atas tugas yang sudah didelegasikan. Segala tindakan juga akan diikuti konsekuensi. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga sikap. Misalnya saja dengan selalu datang dan pulang kantor sesuai jadwal serta mengerjakan tugas tepat waktu.

Pencapaian kesuksesan dalam karir tidak semudah dan secepat membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah proses sehingga seseorang dapat mencapai tujuan dalam dunia kerja. Jangka waktunya tergantung dari seberapa baik kamu mampu memahami dan mengembangkan pola pikir dan etika yang profesional dan bertanggungjawab.

Didukung dengan kemampuan teknis selama mengerjakan tugas yang diampu, kamu bisa saja menjadi seseorang yang sangat diperhitungkan dalam perusahaan dan karirmu lebih cemerlang dari para pendahulu atau rekan kerjamu.

0 komentar:

Posting Komentar