Home » » Amankah Sunat di Masa Pandemi Covid 19?

Amankah Sunat di Masa Pandemi Covid 19?

Pandemi covid 19 pastinya memberikan dampak luar biasa pada kehidupan dan aktivitas masyarakat. Salah satunya adalah sunat atau khitan. Sebagian orang tua merasa khawatir kemungkinan tertular virus sehingga memilih untuk menunda rencana sunat pada anaknya. Selain untuk memenuhi kewajiban agama, ada beberapa kondisi yang mengharuskan anak disunat seperti fimosis ataupun cedera. Bahkan, kasus fimosis pada anak terbilang cukup tinggi. Lantas apakah aman melakukan sunan di masa apndemi covid 19 seperti saat ini?

Amankah Sunat di Masa Pandemi Covid 19

Apakah Aman Sunat saat Pandemi Corona?

Saat ini, anak-anak telah memasuki masa libur sekolah yang mana biasanya digunakan para orang tua untuk melakukan sunat pada anak-anak mereka. Apalagi saat ini telah memasuki era PSBB transisi pada masa pandemi corona sehingga sedikit ada kelonggaran untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun, apakah melakukan sunat di masa pandemi covid 19 ini cukup aman? Hal ini nyatanya menjadi suatu kekhawatiran tersendiri.

Di masa pandemi corona terutama saat memasuki era PSBB transisi, layanan sunat di rumah bisa jadi solusi yang cukup menarik. Tapi, apakah ini benar-benar cukup aman? Sebenarnya tidak perlu khawatir untuk melakukan sunak meski dalam masa pandemi covid 19 baik dilakukan di rumah sakit, klinik, ataupun dengan memanfaatkan layanan sunat di rumah. Hanya saja masyarakat tetap harus berhati-hati memilih klinik ataupun dokter sunat supaya terhindar dari penularan virus covid 19. Bagaimanapun anak-anak termasuk salah satu kelompok yang cukup rentan terhadap penyakit.

Tips Aman Khitan atau Sunat Anak di Tengah Pandemi:

  • Pastikan untuk memilih klinik atau dokter sunat yang benar-benar memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan APD bagi tim medis, penggunaan alat yang steril, serta adanya pengukuran suhu tubuh.
  • Konsultasi dengan dokter untuk persiapan dan waktu pelaksanaan sunat.
  • Buat janji dengan dokter atau klinik sunat untuk lebih memastikan jadwal tindakan sehingga tak perlu berlama-lama berada di klinik atau rumah sakit.
  • Pastikan anak yang akan disunat serta dokter yang melakukan tindakan sunat dalam kondisi sehat.

Hingga saat ini pandemi corona belum berakhir. Namun, kini kebijakan dan aturan PSBB telah dilonggarkan untuk menuju era new normal sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk sunat pada anak, terutama pada kondisi tertentu yang memang mengharuskan untuk segera sunat. Para orang tua tidak perlu khawatir untuk melakukan tindakan sunat pada anak. Hanya saja, hal terpenting ketika ingin melakukan sunat pada masa pandemi seperti saat ini adalah jaga kesehatan serta perhatikan protokol kesehatan yang tepat guna menghindari penularan virus covid 19.

0 komentar:

Posting Komentar