Home » » 7 Tips Mudah untuk Mengatasi Stres di Tempat Kerja

7 Tips Mudah untuk Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Pekerjaan di kantor yang terlihat tidak pernah ada habisnya maupun adanya tekanan dan kejenuhan yang menyiksa. Akan meningkatkan potensi mengalami stres di tempat kerja, yang tentu perlu segera diatasi. Stres bisa menurunkan performa dan membuat kesehatan menurun, maka perlu diatasi dengan tepat dan secepatnya. 
7 Tips Mudah untuk Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Membantu Anda untuk mengatasi stres yang dialami di tempat kerja, maka bisa mencontek beberapa tips mudah berikut ini: 

1. Menarik Nafas

Saat stres menyerang ada baiknya untuk istirahat sejenak di depan komputer kantor kemudian menarik nafas sedalam mungkin. Menarik nafas dalam-dalam terbukti mampu memberi sensasi menenangkan. Otot tubuh yang tadinya kaku juga menjadi lebih rileks, sehingga perlu dicoba. 

2. Bekerja Sembari Mendengarkan Musik

Musik bisa berubah menjadi “sihir” yang mengusir stres dalam waktu singkat. Maka setiap kali merasa stres ada baiknya mendengarkan musik. Musik yang bagus efektif memberi sensasi menenangkan, sehingga pikiran lebih tenang dan saraf lebih rileks. 

3. Melakukan Olahraga Ringan 

Stres juga bisa diatasi dengan melakukan olahraga, dan tidak harus olahraga berat sampai berjam-jam. Anda bisa memanfaatkan sedikit waktu di kantor untuk melakukan peregangan. Bisa pula berjalan kaki antara 15-20 menit di sela jam kantor agar stres bisa reda secara alami. 

4. Tidak Menunda Pekerjaan

Pernahkah Anda sengaja menunda pekerjaan karena merasa letih? Jika istirahat sejenak kemudian segera diselesaikan tentu tidak masalah. Namun jika menjadi kebiasaan tentunya pekerjaan akan menumpuk yang kemudian menjadi sumber stres. Oleh sebab itu jangan menunda pekerjaan, sekecil apapun pekerjaan itu agar tidak mudah stres. 

5. Memanfaatkan Jam Istirahat dengan Maksimal 

Meskipun Anda seorang introvert, ada baiknya untuk belajar bersosialisasi supaya tidak stres terlalu lama di kantor. Misalnya saja dengan memanfaatkan jam istirahat untuk berkumpul dan mengobrol dengan rekan sekantor. Selain memperbaiki hubungan sosial, mengobrol di jam istirahat juga efektif mengatasi maupun mencegah stres. 

6. Membuat Kantor Lebih Nyaman 

Membuat kantor atau paling tidak membuat meja kerja lebih rapi akan memberikan sensasi nyaman. Kenyamanan ini ternyata sangat efektif mengusir stres, oleh sebab itu biasakan untuk membuat meja kerja selalu bersih dan rapi.

7. Curhat 

Stres yang Anda alami di tempat kerja tentunya bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa dari lingkungan kantor bisa pula dari lingkungan luar. Jika memang berbagai cara di atas tidak kunjung memperbaiki kondisi stres yang dialami. Maka bisa mencoba untuk curhat, menceritakan segala beban pikiran dan uneg-uneg sangat efektif meringankan stres sehingga bisa dicoba. 

Stres yang dialami sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja melainkan segera mencari solusinya. Anda bisa mencoba beberapa solusi mudah di atas, sehingga meringankan maupun mencegah kondisi stres di tempat kerja.

0 komentar:

Posting Komentar