Home » » Sumber Vitamin C Selain Buah dan Sayuran

Sumber Vitamin C Selain Buah dan Sayuran

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik untuk kesehatan ataupun kecantikan kulit. Seperti diketahui, vitamin ini memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahaun tubuh. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi sel tubuh dari berbagai radikal bebas.

Dari segi kecantikan, vitamin C dikenal untuk memperlambat penuaan dan membantu mencerahkan kulit. Vitamin ini juga membantu dalam peningkatan penyerapan zat besi dari makanan. Bukan hanya manfaatnya yang segudang, menemukan vitamin C pun terbilang cukup mudah. Sumber vitamin C yang paling banyak dan mudah dijumpai adalah buah-buahan dan sayuran segar. Lalu, apakah ada sumber vitamin C lainnya selain dari buah dan sayur?

Sumber Vitamin C Selain Buah dan Sayuran

Alternatif Sumber Vitamin C selain Buah dan Sayur

Vitamin C memang mudah dijumpai pada buah-buahan serta sayuran segar seperti jeruk, kiwi, mangga, nanas, brokoli, paprika, tomat, ataupun lainnya. Selain mengkonsumsi buah dan sayur segar sebagai sumber vitamin V alami, Anda pun bisa mendapatkan vitamin C dari beberapa sumber lainnya seperti yang dibahas berikut ini.

1. Suplemen Vitamin C

Selain sumber vitamin V alami seprti buah dan sayur, Anda pun bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Saat ini, Anda pastinya bisa dengan mudah menemukan suplemen vitamin C di pasaran yang tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari kapsul, tablet hisap, tablet effervescent, hingga bubuk. Meski ada banyak pilihan suplemen vitamin C di pasaran, pastikan Anda tidak sembarangan dalam mengonsumsinya. Pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter ataupun sesuai dengan anjuran pemakaian yang ada di kemasan produk

2. Jus Buah dan Sayur Kemasan

Mengonsumsi buah dan sayuran segar memang jadi pilihan terbaik dalam memenuhi kebutuhan vitamin C. namun, banyak orang memilih cara yang praktis dan cepat. salah satunya dengan mengandalkan jus buah atau sayur dalam kemasan yang kini pun sudah sangat banyak di pasaran. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memahami bahwa ada jenis minuman buah yang tersedia yaitu jus buah atau sayur dan minuman dengan aroma atau perisa buah. Pastikan Anda memilih jus buah atau sayuran yang memang dibuat dari buah dan sayuran asli sehingga Anda pun bisa mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

3. Es Krim Buah

Mengajak anak-anak untuk menyukai makan buah atau sayuran sepertinya memberikan tantangan tersendiri. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tak bisa mencukupi kebutuhan vitamin C bagi anak-anak. Anda bisa memilih memberikan es krim buah yang kaya akan vitamin C untuk memenuhi asupan vitamin C anak. Selain dengan membeli es krim buah dari berbagai brand ternama, Anda juga bisa membuat es krim buah sendiri di rumah dengan berbagai buah atau sayuran. Selain enak, es krim buah juga kaya manfaat untuk kesehatan.

4. Minuman Multivitamin

Pastinya sudah tak asing lagi dengan berbagai merk minuman multivitamin yang mengklaim mengandung vitamin C hingga 1000 mg. Apakah minuman multivitamin ini bisa jadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh? Apakah minuman tersebut aman dikonsumsi? Kandungan vitamin C hingga 1000 mg tersebut sebenarnya cukup jauh di atas kebutuhan vitamin C harian. Meski demikian, minuman multivitamin tersebut aman dikonsumsi dengan catatan si peminum dalam konsisi kurang sehat atau kelelahan. Selain itu, minuman multivitamin tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena dikhawatirkan justru bisa membahayakan ginjal yang bekerja ekstra untuk menyaring racun.

Itulah beberapa sumber vitamin C selain buah dan sayur. Meski demikian, pastikan untuk mengonsumsinya dengan dosis yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar