Home » » Berikut Cara Menggunakan Masker Kain dengan Baik dan Benar

Berikut Cara Menggunakan Masker Kain dengan Baik dan Benar

Saat New Normal diterapkan maka dihimbau agar masyarakat disiplin dalam menerapkan berbagai aturan baru. Salah satunya terkait protokol kesehatan yakni memakai masker kain untuk masyarakat pada umumnya. Supaya kebijakan baru ini dapat efektif memerangi Covid-19, maka wajib paham bagaimana memakai masker kain tersebut. 

Berikut Cara Menggunakan Masker Kain dengan Baik dan Benar

Cara Menggunakan Masker Kain

Supaya masker kain yang dipakai mampu memberi perlindungan yang efektif dari serangan Covid-19, maka cara pakainya wajib benar. Berikut beberapa panduan untuk memakai masker kain tersebut: 

1. Mencuci Tangan Sebelum Memakai Masker 

Langkah pertama dalam memakai masker kain dengan benar adalah mencuci tangan terlebih dahulu. Jika memakai sabun pastikan dilakukan sekitar 20 detik, dan jika memakai alkohol paling tidak alkohol 60%. Mencuci tangan terlebih dahulu akan memastikan tidak ada kuman dan Covid-19 yang menempel dari tangan ke masker yang akan dipakai. 

2. Memasang Masker dengan Benar

Setelah mencuci tangan maka bisa langsung memakai masker kain yang dimiliki. Pastikan terpasang dengan benar yakni menutup area hidung, mulut, dan sampai ke dagu bagian bawah. Tujuannya untuk memastikan tidak ada ruang atau celah bagi Covid-19 untuk masuk. 

Maka jangan sampai ada jarak antara masker dengan mulut dan hidung, hindari masker yang terlalu longgar. Sebab perlindungan yang diberikan akan kurang efektif, masih ada resiko Anda terinfeksi dan tertular Covid-19 dari orang dan lingkungan sekitar. 

3. Tidak Menyentuh Masker Selama Dipakai

Selama memakai masker kain sangat wajib tidak menyentuh permukaannya, supaya aman dari Covid-19 secara maksimal. Namun jika tanpa sengaja menyentuh masker karena terasa gatal atau alasan lainnya. Segera mencuci tangan, karena ada kemungkinan Covid-19 sudah menempel di permukaan luar masker. 

4. Ganti Baru Jika Basah atau Lembab

Saat memakai masker kain ada baiknya untuk membawa masker lain sebagai ganti. Sebab masker kain akan mudah lembab atau basah dan mungkin juga kotor selama digunakan. Masker ganti akan memastikan masker yang dipakai selalu dalam kondisi bersih. Masker yang telah kotor atau lembab sebaiknya dicuci agar bisa dipakai kembali, selain hemat juga lebih ramah lingkungan. 

5. Cara Melepas Masker Kain

Melepas masker kain juga tidak bisa sembarangan, supaya tidak ada resiko virus yang menempel di masker beralih ke mulut atau hidung. Yakni dilepas dari bagian belakang, lebih tepatnya dilepas dari karet atau talinya dulu. Hindari melepas masker dengan memegang bagian depannya sebab bisa memicu perpindahan virus dari masker ke mulut dan hidung tadi. 

Menggunakan masker menjadi kewajiban untuk siapa saja sebagai upaya mencegah infeksi dan penularan Covid-19. Masker kain dianjurkan untuk masyarakat awam agar terlindungi selama menjalankan aktivitas. Hanya saja memakai masker kain ternyata ada aturannya agar perlindungan yang diberikan maksimal. Detailnya sudah dijelaskan di atas, jadi jangan sampai terlupa untuk diterapkan.

0 komentar:

Posting Komentar