Home » » Aneka Macam Sumber Karbohidrat Selain Nasi yang Cocok untuk Buka Puasa

Aneka Macam Sumber Karbohidrat Selain Nasi yang Cocok untuk Buka Puasa

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan harus dengan hati yang ikhlas dan sabar agar mendapatkan pahala dari Allah SWT. Jika tidak dengan keikhlasan maka tidak akan mendapatkan pahala, melainkan hanya mendapatkan lapar dan haus yang sia-sia saja. Berbicara tentang lapar, tubuh kita membutuhkan pasokan karbohidrat yang cukup saat berbuka puasa. Sehingga dianjurkan untuk menyiapkan menu buka puasa dengan bahan makanan sumber karbohidrat. Makanan tersebut tidak melulu nasi putih, berikut ini beberapa sumber karbohidrat yang enak dan sehat yang dapat digunakan untuk berbuka puasa.

Aneka Macam Sumber Karbohidrat Selain Nasi yang Cocok untuk Buka Puasa

5 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Jika sahabat telah merasa bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja, boleh mencoba menu di bawah ini. Menu buka puasa yang kaya akan kandungan karbohidrat dapat digunakan sebagai pengganti nasi.

1. Singkong

Sumber karbohidrat pertama yang dapat digunakan untuk berbuka puasa sebagai pengganti nasi adalah singkong. Selain rasanya enak dan mengenyangkan, singkong juga sehat dan juga sangat cocok untuk diet. Sehingga ketika berpuasa dan berbuka dengan singkong dapat menurunkan berat badan. Singkong memiliki banyak khasiat yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti dehidrasi, kelelahan, sepsis (infeksi darah) dan untuk menginduksi persalinan.

2. Oatmeal

Sumber karbohidrat yang juga sebagai menu diet pengganti nasi dan banyak digemari oleh orang adalah oatmeal. Meskipun oatmeal sebagai makanan diet, namun rasanya enak dan sehat. Makanan pengganti nasi ini mengandung banyak serat dan karbohidrat sehingga dapat membantu kenyang lebih lama. Selain itu manfaat lainnya yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah.

3. Beras Merah

Beras merah juga merupakan sumber karbohidrat yang kaya akan serat dan sangat cocok sebagai pengganti nasi saat berbuka puasa. Beras merah merupakan alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti beras putih. Bahkan kandungan seratnya lebih tinggi, sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi.

4. Kentang 

Selanjutnya, makanan sumber karbohidrat yang enak dan lezat dapat digunakan sebagai pengganti nasi saat berbuka puasa adalah kentang. Kentang dapat diolah menjadi menu buka puasa lezat seperti stik kentang, perkedel atau sekedar direbus jika sedang berdiet.

5. Jagung

Aneka menu buka puasa dapat dibuat dari bahan dasar jagung sebab jagung merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan cocok untuk berbuka puasa. Saat berbuka puasa tubuh kita membutuhkan asupan energi yang cukup agar dapat mengganti kalori saat berpuasa. Oleh sebab itu jagung sangat cocok sebagai menu buka puasa pengganti nasi dan dapat diolah sesuai dengan selera seperti sup jagung, jagung bakar, jagung rebus dan kue jagung.

Menu berbuka puasa haruslah yang sehat dan enak agar kebutuhan tubuh kita terpenuhi yakni seperti karbohidrat. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi, sehingga sangatlah tepat jika ingin berbuka puasa dengan menu di atas.

0 komentar:

Posting Komentar