Home » » Info Covid-19! Layanan SIM Keliling Non-Aktif Sementara Waktu

Info Covid-19! Layanan SIM Keliling Non-Aktif Sementara Waktu

SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan hal penting yang harus dimiliki ketika berkendara, baik menggunakan roda dua maupun roda empat. SIM sendiri dapat dibuat melalui kantor kepolisian dengan serangkaian prosedur. Terkait pembuatan SIM ini, Polisi telah menyediakan layanan SIM keliling guna mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh surat izin tersebut. Namun seiring dengan adanya penyebaran covid-19, layanan SIM keliling diberhentikan untuk sementara waktu. Lantas kapan layanan ini akan beroperasi kembali? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Info Covid-19! Layanan SIM Keliling Non-Aktif Sementara Waktu

Alasan SIM Keliling Non-Aktif dan Jadwal Beroperasinya Kembali

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini indonesia yang sedang menghadapi penyebaran covid-19 atau virus corona. Penyebaran virus ini sendiri mulai terdeteksi di tanah air sejak awal Maret lalu dan hingga kini kasusnya terus bertambah. Pemerintah indonesia juga telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah penularan virus ke masyarakat, salah satunya adalah mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menjauhi area kerumunan.

Jika memperhatikan himbauan yang diberikan oleh pemerintah, maka sebetulnya itu memiliki kaitan dengan penutupan sementara layanan SIM keliling. Pasalnya ketika pelayanan SIM dibuka maka akan ada banyak masyarakat yang mengantri untuk mendapatkan giliran. Tentunya hal ini merupakan salah satu bentuk kerumunan dan hal itu sedang dilarang untuk dilakukan saat ini. 

Di sisi lain, pemerintah pun juga menyarankan agar masyarakat tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Pasalnya ketika mereka memutuskan untuk beraktivitas di luar (seperti biasanya) sementara saat ini masih terjadi penyebaran covid-19, maka tentunya saja hal itu akan membuat risiko penularan virus semakin besar. Berdasarkan dua pertimbangan ini, layanan SIM keliling di indonesia di nonaktifkan untuk sementara waktu. Harapannya tentu saja langkah tersebut mampu untuk mengurangi penyebaran covid-19 di tanah air. Lalu kapan layanan SIM keliling akan beroperasi kembali?

Mengingat saat ini penyebaran dan penanganan kasus corona masih terjadi, maka diperkirakan layanan SIM keliling akan beroperasi pada bulan Mei 2020. Namun tentu saja hal itu dengan catatan adanya penurunan yang signifikan dari kasus infeksi corona di indonesia. Apabila masih ditemukan kasus dan cenderung belum menunjukkan penurunan, maka bisa jadi layanan ini akan memerlukan waktu lebih untuk dapat beroperasi lagi. 

Bagi masyarakat yang memang sedang membutuhkan SIM, maka sebaiknya bersabar dulu. Sebab kondisi negara saat ini masih fokus dalam penanganan kasus covid-19. Selain itu, masyarakat pun harus pandai dalam mawas diri mengingat bahwa virus corona ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia lainnya. Oleh karena itu, jika memang tidak memiliki suatu hal yang penting untuk keluar rumah, maka sebaiknya gunakanlah waktu yang ada untuk bercengkrama dengan keluarga. Demikianlah informasi seputar layanan SIM keliling yang dinonaktifkan ini, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar