Home » » Sudahkah Bisnis Anda Tersertifikasi ISO?

Sudahkah Bisnis Anda Tersertifikasi ISO?

Sering dengar istilah sertifikat ISO dan banyak pihak merekomendasikan sertifikat ini untuk bisnis Anda? Apakah sertifikasi begitu penting? 

Kata ISO, singkatan dari International Organization for Standardization merupakan standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk mengukur mutu suatu organisasi. Kredibel atau tidaknya sebuah perusahaan dapat dinilai dari kepemilikan sertifikat ini. Selain itu, apabila bisnis Anda sudah tersertifikasi ISO, maka Anda memiliki peluang besar untuk bersaing dengan para pemilik bisnis terkemuka lainnya dan tentunya dapat memenangkan kompetisi pasar.

Sudahkah Bisnis Anda Tersertifikasi ISO?

Seberapa Penting Sertifikat ISO Dalam Bisnis

Untuk mengetahui seberapa penting sertifikat ISO ini dalam dunia bisnis, berikut beberapa manfaatnya menurut OSS Certification (badan sertifikasi ISO):

1. Kredibilitas perusahaan meningkat

Perusahaan dengan sertifikat ISO akan dipandang memiliki kredibilitas baik sehingga calon klien dan pelanggan dapat percaya. Jika ada masalah atau hal yang tidak sesuai dengan prosedur, maka perusahaan akan bertindak cepat.

2. Kualitas standar internasional yang terjamin

Untuk memperoleh sertifikat ISO, sebuah perusahaan harus mengikuti serangkaian proses untuk menghasilkan produk atau jasa dengan standar internasional. Bukankah masyarakat akan memiliki kesan positif bahwa produknya terjamin berkualitas bagus? Dari situlah, transaksi yang menguntungkan perusahaan akan lebih mudah tercipta.

3. Hemat biaya

Dalam perusahaan bersertifikat ISO, ada manajemen khusus yang bertindak mengawasi kinerja seluruh bagian perusahaan. Apabila ada prediksi kegagalan dalam penciptaan produk atau rencana kerja, maka mereka dapat segera melakukan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kerugian pada perusahaan. Tindakan ini jauh lebih ekonomis dibandingkan jika perusahaan harus mengatasi keadaan, terutama finansial setelah terjadi masalah.

4. Kinerja karyawan menjadi lebih optimal

Manajemen yang bermutu maka akan berdampak positif pada kinerja karyawan. Seluruh pihak dalam perusahaan akan memberikan kontribusi seoptimal mungkin demi menjaga kredibilitas usaha.

5. Image perusahaan meningkat

Sertifikat ISO dapat menjadi tiket masuk bagi perusahaan untuk mendapatkan nama dan peringkat yang baik dalam bursa bisnis skala nasional maupun internasional. Pencapaian ini tentu saja memberikan peluang besar untuk pengembangan usaha sehingga lebih dikenal dan diperhitungkan baik oleh calon mitra maupun lawan dalam persaingan.

Persaingan dunia usaha semakin keras. Yang menang bukan lagi mereka yang punya pelanggan tetap dan menguasai pasar di suatu wilayah saja. Tetapi, perusahaan yang memiliki peluang untuk melebarkan jangkauan lebih luas dengan mengakses pasar-pasar baru. Bagaimana caranya?

Hal yang paling utama untuk memperoleh perhatian pasar adalah kesan positif. Anda harus membuat orang lain percaya bahwa usaha Anda bagus, produk dan jasa yang dihasilkan sangat bermutu dan itu semua terjamin. Tetapi, kata saja tidak cukup. Anda memerlukan sebuah bukti kuat agar calon klien, investor dan pelanggan mau menginvestasikan waktu dan uang mereka pada usaha Anda.

Salah satunya yaitu dengan memiliki sertifikat ISO. Menariknya, tidak hanya di pasar dalam negeri saja. Sertifikat ini bertaraf internasional, jadi Anda punya kesempatan mengembangkan brand keluar wilayah dan memasuki pangsa pasar global. Tentu saja, hal ini akan berdampak positif pada perkembangan usaha karena mendatangkan keuntungan dalam jumlah lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar