Home » » 6 Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah di Tengah Epidemi Corona

6 Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah di Tengah Epidemi Corona

Di tengah pandemi corona seperti sekarang memilih untuk bekerja dari dalam rumah sendiri adalah opsi yang paling tepat untuk diambil. Banyak kantor yang meliburkan karyawannya namun untuk tetap mengerjakan tugas kantor dari rumah. Tujuannya tentu saja untuk mencegah penyebaran virus corona yang resikonya tinggi jika banyak yang tetap beraktivitas di luar rumah. 

6 Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah di Tengah Epidemi Corona

Tips Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Bekerja di rumah sendiri memang membuat waktu terasa lebih fleksibel, namun jika manajemennya kurang tepat alih-alih produktif yang ada pekerjaan malah terbengkalai. Mencegahnya, maka bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut ini: 

1. Mulai Bekerja Seperti Biasa 

Jika beranggapan bekerja dari rumah lebih santai dan memilih mengetik di depan laptop sambil menonton TV. Dijamin Anda tidak akan produktif dengan cara ini, jadi upayakan untuk tetap beraktivitas memulai kerja seperti biasanya. Mulai dari bangun di jam seperti biasa, mandi sepagi mungkin, bekerja di ruang khusus bukan di depan TV, dan sebagainya. 

2. Buat Suasana Seperti di Kantor 

Suasana santai di rumah sendiri bisa menjadi boomerang yang membuat Anda jauh dari kata produktif saat bekerja. Menghindarinya, Anda bisa mencoba menghadirkan suasana khas di kantor. Misalnya menata meja kerja seperti di kantor, menyeduh kopi di pagi hari, dan membaca laporan kerja, atau aktivitas khas yang biasa dilakukan di kantor. 

3. Menyusun Jadwal Kegiatan

Ada banyak aktivitas yang akan dilakukan ketika di rumah, saat dituntut untuk bekerja dari rumah pastikan fokus. Salah satu caranya adalah menyusun jadwal kegiatan. Buat daftar tugas kantor mana saja yang harus dikerjakan dan selesai di hari ini, begitupun seterusnya. 

4. Ambil Posisi yang Nyaman

Kenyamanan dalam bekerja adalah hal penting, supaya tetap produktif pastikan memilih posisi yang nyaman. Gunakan meja kerja dan kursi yang membuat Anda bisa fokus menyelesaikan tugas kantor. 

5. Abaikan Aktivitas Lain

Fokus  menyelesaikan tugas kantor akan terbengkalai jika Anda masih melakukan dual aktivitas. Artinya selama bekerja dari rumah pastikan di jam kerja Anda hanya fokus di pekerjaan kantor. Abaikan aktivitas lain, seperti bermain dengan anak atau menonton video di Youtube dan situs hiburan lainnya. 

6. Rehat Sejenak Jika Diperlukan

Terlalu fokus sebenarnya juga kurang bagus karena bisa membuat Anda kelelahan sehingga tugas kantor malah terbengkalai. Sesekali saat sudah merasa jenuh cobalah untuk istirahat sejenak. Ambil nafas atau melakukan peregangan sambil berdiri dari kursi kerja, jika dirasa sudah baikan silahkan duduk kembali dan fokus ke pekerjaan kantor Anda. 

Menjadi produktif saat bekerja di rumah memang lebih sulit dibandingkan tuntutan untuk produktif ketika bekerja di kantor. Meskipun begitu, tetap saja kewajiban dari kantor harus dilaksanakan agar tidak ada yang terbengkalai dan merugi. Maka untuk tetap produktif lakukan beberapa tips simpel di atas.

0 komentar:

Posting Komentar