Home » » 6 Cara Menghindari Wabah Virus Corona saat Bekerja

6 Cara Menghindari Wabah Virus Corona saat Bekerja

Masuknya virus corona di Indonesia membuat pembatasan ruang gerak dan aktivitas diberlakukan oleh pemerintah. Meskipun sudah banyak perusahaan yang meliburkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Namun di sejumlah kota dan daerah kebijakan serupa belum diberlakukan. 

6 Cara Menghindari Wabah Virus Corona saat Bekerja

Cara Menghindari Corona Saat Bekerja

Interaksi sosial atau bertemu secara langsung dan  berbicara dalam jarak dekat diketahui bisa meningkatkan resiko tertular virus corona. Jika terpaksa tidak bekerja dari rumah karena kebijakan tempat kerja tidak mendukung. Atau mungkin Anda memang pemilik profesi yang tidak bisa bekerja dari rumah seperti pedagang makanan, karyawan di perbankan, tenaga medis, dan sebagainya. 

Maka menjadi sangat penting untuk memahami cara melindungi diri dari resiko terinfeksi virus corona. Beberapa cara yang bisa diterapkan dan dianjurkan oleh WHO antara lain: 

1. Lebih Rutin Mencuci Tangan

Telapak tangan diketahui menjadi media atau jalan bagi virus corona untuk menempel dan masuk ke tubuh orang sehat. Namun virus corona mudah mati oleh pembersih sederhana. Maka selama bekerja pastikan lebih sering mencuci tangan, jika bekerja di lapangan dianjurkan memakai hand sanitizer namun jika di dalam ruangan utamakan mencuci tangan dengan sabun. 

2. Menjaga Kebersihan Tempat Kerja

Kebersihan tempat kerja baik itu meja kerja, komputer, sampai pesawat telepon dan sebagainya wajib diperhatikan. Sebab lingkungan yang kotor dan tidak pernah dibersihkan disinyalir sudah tertempel virus corona. Maka wajib dibersihkan setiap hari bahkan setiap beberapa jam sekali. 

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh secara alami mampu membentengi diri dari virus corona. Jadi usahakan untuk tidak stress, tidak mudah emosi, dan sebagainya di tempat kerja supaya daya tahan terjaga. 

4. Istirahat saat Merasa Kurang Fit

Ada kalanya pekerjaan yang menuntut Anda bekerja lebih keras dapat menyita seluruh energi. Saat merasa kurang fit pastikan untuk segera beristirahat, sehingga daya tahan tubuh tidak langsung drop. 

5. Tidak Dinas Keluar Kota

Jika Anda masuk ke dalam divisi yang sering mendapat tugas dinas keluar kota, di tengah pandemi corona seperti sekarang sebaiknya dihindari. Bepergian terlalu jauh akan meningkatkan resiko terinfeksi virus ini. Jika jam kantor sudah selesai pastikan segera pulang, jangan datangi pusat keramaian meski ke kafe sekalipun. 

6. Lakukan Social Distancing

Selama bekerja pastikan untuk melakukan social distancing, yakni menjaga jarak dengan orang sekitar. Paling tidak 1 meter untuk mencegah penularan virus corona, sebab orang sehat belum tentu tidak terkena corona. 

Inilah alasan pentingnya melakukan social distancing, sebab virus corona saat menyerang orang dengan daya tahan tubuh baik tidak akan menunjukan masalah serius sehingga terlihat sehat. Namun malah bisa menularkannya ke orang lain dengan daya tahan tubuh lebih rendah. 

Cara di atas tentunya akan mudah untuk dilakukan, semakin dini diterapkan semakin baik. Supaya penyebaran corona bisa ditekan dan bisa kembali beraktivitas dengan normal seperti sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar