Home » » Pengertian Digital Marketing dan Jenisnya

Pengertian Digital Marketing dan Jenisnya

Perkembangan teknologi di era revolusi industri mengarahkan bisnis konvensional beralih ke bisnis digital. Hal ini membuat banyak pihak mulai mempelajari beragam istilah baru. Salah satunya ialah digital marketing. Lalu, sebenarnya apa pengertian digital marketing dan perannya dalam bidang pemasaran produk di dunia maya?

Pengertian Digital Marketing dan Jenisnya Dalam Bisnis Digital

Pengertian digital marketing

Mengenal dunia bisnis digital, tentu Anda akan dikenalkan dengan istilah digital marketing. Pengertiannya ialah aktivitas yang berkaitan dengan pemasaran produk yang ditawarkan oleh brand atau merek perusahaan tertentu kepada para pelanggannya lewat sosial media. Beragam sosial media bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk diantaranya ialah, Facebook ads, Instagram Ads maupun website.

Pemanfaatan media digital dalam dunia digital marketing

Peranan media sosial sangat penting bagi digital marketing terutama masalah pemasaran produk perusahaan agar dijangkau lebih luas oleh konsumen. Media sosial merupakan salah satu alat yang bisa mendekatkan konsumen dari tempat manapun dan kapanpun bisa melihat sebuah produk yang dibutuhkan pada akun media sosial mereka.

Sebagian besar generasi milenial, generasi Z maupun masyarakat pada umumnya, menggunakan sosial media sebagai bentuk ekspresi diri sekaligus dijadikan sebagai pencarian produk yang diinginkan tanpa perlu datang ke toko. Tentunya, hal ini peluang emas bagi bisnis maupun usaha yang mulai mengembangkan usahanya lewat sistem online.

Apa Saja Jenis Digital Marketing?

1. Search Engine Marketing

Anda ingin membangun usaha dengan memanfaatkan website untuk menarik pelanggan? Search Engine Marketing sangat Anda perlukan untuk membuat website usaha yang telah dibangun mendapatkan posisi tertinggi pada pencarian google. Hal ini dapat dilakukan dengan pengisian keyword tertentu yang sering diakses oleh konsumen pada mesin pencari google. 

Search Engine Marketing terdiri atas SEO (Search Engine Optimization) dan SEM. Kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang mendasar meskipun tetap memiliki tujuan yang sama yaitu, membuat website Anda berada di halaman pertama google. SEO dapat dilakukan secara mandiri dengan gratis dan organik. Sedangkan SEM menuntut Anda untuk merogoh kocek lebih dalam karena sifatnya berbayar. 

2. Social Media Marketing

Penggunaan media sosial di kalangan masyarakat bawah hingga ke atas sangat berkembang pesat di era bisnis digital. Hal ini sangat menguntungkan bagi usaha maupun perusahaan Anda untuk melakukan branding dan promosi produk. Banyaknya platform untuk berkumpul bagi para pengguna sosial media membentuk beberapa komunitas. 

Pemasaran melalui media sosial sangat memungkinkan konsumen tertarget mulai mengikuti agenda posting dari akun sosial media Anda yang memiliki kaitan dengan produk. Selain dapat dijadikan sebagai pemasaran, social media marketing membuat interaksi antara Anda sebagai pihak penyedia produk dengan konsumen berjalan baik. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pengertian digital marketing dan jenisnya. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui karena era bisnis digital, profesi digital marketing sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjalankan bisnisnya berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat. 

0 komentar:

Posting Komentar