Home » » Tips Jaga Stok Pulsa Agar Tidak Alami Kekosongan

Tips Jaga Stok Pulsa Agar Tidak Alami Kekosongan

Salah satu hal penting dalam berbisnis pulsa, bahkan menjadi faktor penting dalam setiap transaksi dan keuntungannya adalah adanya stok pulsa. Stok pulsa ini berarti pulsa yang ada di dalam HP atau sistem yang tersedia dan siap untuk dijual kepada pelanggan. Yah, seperti jenis usaha lain, pebisnis pulsa juga harus ready stock. Jika stok habis, maka dia tidak bisa melakukan transaksi. Dengan kata lain, dia tidak bisa mendapatkan keuntungan. Ada berbagai cara yang biasanya dilakukan untuk menghindari stok habis.

Cara Hindari Stok Pulsa Kosong

Cara berikut ini bisa dikatakan yang paling sering dilakukan oleh para pebisnis pulsa untuk menghindari stok pulsa dalam keadaan kosong. Mari simak tips berikut ini:
  • Melakukan deposit
Deposit adalah hal wajar yang biasa dilakukan dalam bisnis pulsa. Bagi pihak konter maupun master dealer pulsa, deposit juga dianggap sangat penting untuk menjaga stok pulsa dalam keadaan ready. Sebagai contoh, pihak konter mengisi deposit pulsa sebanyak 2 juta rupiah. Kemudian, deposit tersebut dijadikan beberapa kali transaksi atau pembelian. Misal pembelian pertama Rp 500 ribu, berarti masih ada sisa Rp 1,5 juta. Nah, 1,5 juta sisa pulsa atau deposit ini bisa buat jaga-jaga agar stok pulsa tidak kosong. Banyak pebisnis pulsa yang menerapkan cara ini agar bisnis tetap berjalan.
  • Tanpa deposit, membeli sebelum habis
Bagi pebisnis pulsa dengan modal pas-pasan, termasuk juga konter dan pengusaha pulsa pemula, mereka bisa juga melakukan cara yang lebih sederhana untuk menghindari stok pulsa kosong. Di sini, mereka tidak perlu melakukan deposit. Tapi, mereka harus sering melihat sisa stok yang ada di HP. Nah, sederhana langkahnya, yakni membeli stok sebelum kehabisan. Cara ini mudah. Sayangnya, terkadang pengiriman stok juga mengalami kendala pada sistem atau server yang error. Jika beruntung, sebelum stok habis dia akan mendapatkan stok baru, tapi jika tidak, sampai stok habis dia tidak mendapatkannya.
  • Layanan pasca bayar
Ya, bagi beberapa master dealer pulsa yang menjual pulsa kepada konter atau agen, mereka biasanya memberikan layanan pasca bayar. Artinya, walaupun konter tidak memiliki deposit dan tidak bisa membeli langsung saat itu juga, ketika stok pulsa sudah mulai menipis, konter bisa meminta isikan terlebih dahulu stok pulsa yang ada biar bertambah. Selanjutnya, pada waktu yang ditentukan, pihak konter akan membayar stok pulsa yang telah dibeli beberapa waktu sebelumnya. Singkatnya, konter hutang terlebih dahulu kepada master dealer.

Ketiga cara di atas sering dan biasa dilakukan di dalam bisnis pulsa, untuk menjaga stok pulsa tetap ada dan terhindar dari kekosongan. Kesimpulannya adalah stok pulsa ini sangat penting agar bisnis pulsa bisa tetap berjalan. Tanpanya, tidak ada transaksi dan tidak ada keuntungan yang bisa didapat. Caranya bisa seperti di atas untuk menjaga stok tetap tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar