Home » » Pentingnya Administrasi untuk Mengelola Usaha Stok H2H

Pentingnya Administrasi untuk Mengelola Usaha Stok H2H

Salah satu kunci sukses usaha adalah tertibnya administrasi. Pengelolaan administrasi yang baik akan membantu kemana arah perkembangan usaha dibawa. Ia seperti mercusuar yang mengingatkan para nakhoda agar tidak salah arah mengemudikan perahunya. Dengan tertib administrasi akan diketahui sampai sejauh mana kinerja usaha yang dijalankan. Bagaimana keadaan stok H2H misalnya, atau pengontrolan biaya operasional yang sangat besar pengaruhnya terhadap keuntungan bersih usaha.

Sekalipun penjualan asongan kalau sekiranya ingin menjadi seorang usahawan ia akan ketat mengatur keuangan. Kalau diperhitungkan antara harga jual dan beli untuk mengukur selisih keuntungan, secara awam bisa dikatakan benar. Jika modal 100.000 dan penjualan 125.000, berarti punya kelebihan 25.000, jadi punya keuntungan 25.000. Anggaplah ini benar, pada bisnis pulsa stok H2H dari program sudah ada pencatatan  hasil penjualan, deposit di supplier dan pemotongannya. Itu sudah sangat membantu.

Tetapi sadarkah Anda, sebagian orang dalam berusaha melupakan suatu hal, milik pribadi dan tenaga sendiri tidak diperhitungkan sebagai biaya. Anda yang berusaha mengejar omset sambil melupakan istirahat harusnya memperhitungkan berapa harusnya tenaga Anda dibayar. Berapa pula waktu lembur yang digunakan? Hal ini yang sering dilupakan. Karena terlalu giat bekerja, kesehatan tidak terjadi. Akhirnya selisih lebih usaha bisa habis dananya untuk biaya pengobatan. Sudah banyak hal ini terjadi. Jadi bagi pengusaha pulsa tak terkecuali bermain di stok H2H harus memperhitungkan semua ini.

Anda memulai bisnis pulsa dengan sistem stok H2H karena dianggap lebih simpel, tidak ribet. Cukup satu stok untuk semua operator. Lalu Anda buka counter di beranda rumah karena lokasi cukup strategis. Tanpa sadar, lupa memperhitungkannya sebagai biaya sewa. Lalu biaya listrik ikut menumpang pada pembayaran tagihan rumah secara keselurahan. Belum Anda menggunakan kendaraan dalam urusan bisnis pulsa ini. Semakin banyak bercampur dengan urusan pribadi, walau usaha tampak berkembang, sebenarnya masuk dalam kategori kemajuan semu, keuntungan yang palsu. Bagaimana sebaiknya harus Anda lakukan, berikut akan diberikan ulasan yang pertama untuk tempat usaha..

Tempat untuk menjalankan usaha stok H2H Anda bila menyewa, tentunya Anda sudah membayar di muka misalnya untuk 1 tahun. Catat dalam buku Anda bahwa sewa ini sebagai sewa dibayar dimuka. Lalu tiap bulan untuk harga sewa  15 juta pertahun maka perbulan jatuhnya Rp 1..250.000. Setiap bulan Anda catat di pembukuan biaya sewa 1.250.000, dan kurangi di pembukuan untuk sewa dibayar dimuka dengan jumlah yang sama.

Jika Anda menggunakan rumah sebagai tempat usaha stok H2H harus dapat ditaksir dengan harga sewa pasaran. Jika itu rumah keluarga berikan uang sewanya ke pemilik rumah. Dengan demikian meskipun di rumah sendiri/orang tua tempat usaha sudah sesuai secara hukum dan administrasi.

0 komentar:

Posting Komentar