Home » » Manfaat Kerapian Administrasi dalam Usaha Stok H2H

Manfaat Kerapian Administrasi dalam Usaha Stok H2H

Dalam artikel dahulu telah dibahas mengenai administrasi untuk tempat usaha sekarang kita bahas mengenai perangkat hardware atau software yang mendukung usaha stok H2H anda. Anda bisa memperlakukan pembelian peralatan dianggap sebagai biaya, tapi bila nilainya cukup materiil sebaiknya masukan sebagai harta kekayaan usaha . Bagaimana memperlakukannya mari kita telaah bersama.

Peralatan yang Anda beli untuk mendukung usaha stok H2H bila harganya cukup besar, kiralah kategori 500 ribu ke atas bisa dimasukkan ke dalam golongan inventaris. Setiap membeli peralatan computer, meja, kursi etalase jangan lupa untuk meminta nota pembelian dan tanggal waktu benda tersebut dibeli. Harga barang yang Anda beli disebut harga perolehan.  

Dalam akuntansi barang inventaris usaha stok H2H, akan ditaksir nilai efektif pemakaiannya. Untuk barang inventaris rata-rata 5 tahun dengan nilai sisa yang ditentukan sebagaimana umumnya harga barang seken.. Jadi sesungguhnya bila mengikuti kaidah akuntansi setelah 5 tahun secara pembukuan barang inventaris yang dibeli hanya tinggal nilai sisa. Saatnya anda beli barang baru dan barang lama bisa anda jual.

Bila harga penjualan lebih besar dari taksiran nilai sisa maka selisihnya akan dianggap sebagai keuntungan. Bila lebih rendah maka akan dianggap sebagai kerugian penjualan barang inventaris. Begitupula dengan kendaraan bila dimasukkan sebagai  harta untuk menunjang usaha Anda akan diperlukan sama. Kecuali bila dianggap sebagai biaya sewa yang dibayar bulanan bisa langsung dibebankan sebagai biaya sewa.

Usaha stok H2H anda bila dibiasakan tertib administrasi sejak awal Anda bisa mengevaluasi sejauh mana tingkat perkembangannya. Bila Anda hanya fokus ke pulsa tentunya harus selalu meningkatkan penjualan dengan cara menambah pelanggan tetap. Pembeli yang beli ke counter stok H2H Anda jangan sampai lepas beralih ke pesaing Anda. Data pembeli yang ada dalam data base secara periodik dievaluasi, berapa frekuensi pembeliannya.

Membuat kartu pelanggan adalah cara me-maintain pelanggan Anda, dan diupdate setiap terjadi transaksi. Minta alamat lengkap dan telpon untuk sewaktu-waktu Anda call bila tren frekuensi pembeliannya menurun. Pelanggan Anda akan merasa diperhatikan dengan anda mengontaknya, tapi dengan bahasa yang sopan dan dengan kerapatan yang wajar. Dengan demikian pelanggan  tidak merasa terganggu. Hal ini penting untuk menjaga loyalitas konsumen usaha stok  H2H Anda.

Bila usaha baru dimulai, atau akan dimulai coba kaji kembali analisa usaha yang Anda buat secara rinci. Jangan lupa untuk Administrasinya minta masukan dari orang yang berkompeten. Jikalau administrasi dipercayakan kepada orang lain, dan Anda bisa memahami laporan yang dibuat, Andapun bisa memberikan masukan yang berguna.Gagal merencanakan akan merencanakan sebuah kegagalan. Jadi Bila usaha stok H2H ingin berhasil, merapikan administrasi dari awal adalah langkah yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar