Home » » Kinerja Usaha Berdasarkan Turnover Stok Pulsa

Kinerja Usaha Berdasarkan Turnover Stok Pulsa

Dalam berjualan stok barang yang dijual bila perputarannya cukup tinggi, berarti menandakan barang yang keluar cukup banyak. Barang mana saja yang menduduki pengeluaran terbanyak harus menjadi perhatian untuk ditingkatkan stoknya. Mengelola stok pulsa tidak sesulit mengelola stok barang makanan atau obat-obatan. Karena stok pulsa tidak mengenal kerusakan secara fisik karena faktor suhu, kelembaban dan kebersihan gudang. 

Kendati stok pulsa tidak memerlukan tempat untuk menyimpannya dan tidak perlu cek fisik stok dengan menghitung tumpukan di gudang. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Dalam sistem server pulsa sudah ada fitur yang memungkinkan kita untuk mengetahui stok secara berkala sesuai seperti yang kita inginkan. Yang harus diperhatikan  yaitu  perbedaan nilai stok pulsa yang tertera di data  dengan pihak supplier setelah dikalkulasikan dengan deposit Anda.

Kasus ini terjadi karena terjadi fluktuasi harga yang tidak dikonfirmasi sebelumnya. Dalam hal ini perlu dilakukan rekonsialisasi untuk menyamakan saldo stok pulsa dengan benar. Dengan demikian untuk kontrol stok pulsa Anda tidak menemui kesulitan, jika dibiarkan berlarut-larut selisih akan sulit diurai. Waktu Anda akan terbuang percuma. Masalah yang ditinggalkan seperti makhluk hidup yang akan mengawini satu masalah lain. Ia akan beranak pinak menjadi tumpukan masalah.  

Jikalau masalah stok pulsa sudah clear Anda bisa mengevaluasi turnover stok pulsa sebagai dasar perencanaan ke depan. Anda bisa  evaluasi dulu perputaran stok secara keseluruhan, adakah peningkatan atau penurunan secara global. Kenaikan dan penurunan stok pulsa lebih mudah dipahami bila disajikan dalam prosentase. Laporan dari data base  bila bisa dikonversi ke dalam format excel bisa sangat membantu, apalagi bila sistem server pulsa yang Anda gunakan sudah memiliki fitur yang bisa menyajikan evaluasi stok ini. 

Dari data yang umum Anda mengetahui stok pulsa dari operator mana yang mengalami peningkatan atau penurunan. Faktor  penyebab naik turunnya stok pulsa untuk setiap operatorpun harus dianalisa. Anda bisa membuat catatan untuk hal ini. Sebagai pengusaha harus mempunyai sikap yang analisis dan kritis. Data sangat diperlukan sebagai dasar bila Anda akan memberikan masukan ke supplier misalnya.

Berikutnya yang menjadi perhatian adalah perputaran stok di customer. Customer adalah harta yang tidak Anda miliki mutlak, tapi bisa dikelola dan digali potensinya. Mengelola customer lebih menitikberatkan pada mengelola hati dan emosi. Membuat tersinggung customer akan mengurangi pengeluaran stok pulsa Anda karena ia akan lari. Sebaliknya bila ia merasa dihargai tak segan ia menjadi penyumbang terbesar pemangkas tumpukan stok pulsa Anda.  

Dengan mengetahui perputaran stok pulsa akan diketahui kinerja usaha secara umum. Bila menurun dicari penyebabnya, bila stagnan upayakan ditingkatkan, bila meningkat pertahankan dan pasang target lebih besar bulan depan.

0 komentar:

Posting Komentar