Home » » Antisipasi Kehabisan Stok Pulsa

Antisipasi Kehabisan Stok Pulsa

Stok pulsa, bagi Anda para pengusaha pulsa maka sudah menjadi keharusan bahwa pulsa harus tersedia dalam stok yang memadai. Sehingga setiap kali ada permintaan pulsa, maka Anda akan segera dapat memproses transaksi tersebut. Dengan demikian bisnis pulsa Anda pun dapat terus berjalan tanpa hambatan akibat kehabisan stok. Akan tetapi, tentu saja keadaan tidak melulu sesuai dengan yang kita harapkan. Sewaktu-waktu Anda bisa saja mengalami kehabisan stok atau pun jumlah stok yang sedikit, sehingga Anda tidak dapat memproses permintaan customer Anda. Jika hal ini terjadi maka sudah tentu akan memberikan kerugian tersendiri bagi Anda. Lantas adakah cara mengantisipasinya?

Mengingat pentingnya stok dalam bisnis pulsa ini, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kehabisan stok. Cara pertama Anda dapat melakukan pengisian saldo dalam jumlah yang cukup besar. Pada umumnya batas minimal pengisian saldo pulsa sebagai stok berkisar lebih kurang 500 ribu rupiah. Namun jika Anda memiliki kelebihan modal, maka ada baiknya besaran saldo ditambah. Sehingga Anda dapat meminimalisir kehabisan stok dalam transaksi pulsa yang dilakukan. 

Cara lain yang juga dapat Anda tempuh dalam mengantisipasi kehabisan stok adalah dengan memanfaatkan sistem stok h2h. Apa itu stok h2h? Secara sederhana, stok h2h ini merupakan sistem stok pulsa yang menggunakan 2 server sekaligus. Biasanya para pengusaha pulsa hanya menggunakan 1 server saja dalam mengakomodir transaksi mereka. Sehingga jika stok pada server tersebut habis, maka dapat dipastikan transaksi pulsa tidak dapat dilakukan. Namun jika Anda menggunakan stok h2h, Anda dapat melakukan transaksi pulsa dengan memanfaatkan stok saldo yang ada pada salah satu server saja. Jika server satu habis, maka Anda dapat beralih ke server lainnya untuk melakukan transaksi pengisian pulsa ke customer Anda. Hanya saja pada sistem stok seperti ini terdapat kelemahan dari sisi estimasi waktu permerosesan yang lebih lama. 

Terlepas dari dua cara tadi, jika stok benar-benar telah menipis atau habis, solusinya adalah Anda harus kembali melakukan pengisian stok pulsa. Pengisian stok ini pun dapat Anda lakukan dengan dua cara. Pertama Anda dapat mengisi stok melalui master dealer pulsa Anda. Besaran pengisiannya pun dapat Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan kemampuan modal Anda. Sebaiknya, pengisian stok Anda sesuaikan dengan analisa kemampuan pulsa Anda untuk terjual habis dalam kurun waktu tertentu.

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stok pulsa yang habis adalah dengan melakukan top-up ke server pulsa Anda. Biasanya terdapat besaran minimum yang harus Anda top-up pada server tersebut. Maka dari itu usahakan Anda memiliki modal yang sesuai dengan batas minimum tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar